Cara Membuat CV yang Kekinian dan Terlihat Profesional

Posted at: 13-02-2020 07:48


Cara membuat CV yang menarik dan baik itu bukan berarti isinya dimuat dalam berlembar-lembar kertas. Satu hal yang perlu kamu tahu, CV yang dibuat berlembar-lembar gak bakal menjadikanmu sebagai sosok pelamar yang super. Malahan CV model yang kayak gitu cenderung diabaikan para perekrut.

Terus gimana nih cara membuat CV yang benar dan sesuai kriteria perekrut? Sebenarnya, dalam pembuatan CV itu, informasi yang mesti disajikan gak perlu banyak-banyak amat kok. Berikut ini adalah informasi-informasi penting yang perlu ada dan cara penempatannya.

1. Cantumkan nama, alamat, nomor telepon, hingga email dan posisikan berada di CV Header atau bagian atas

Dalam CV, informasi pribadi itu wajib ada. Gak harus panjang dan mendetail, kamu cuma perlu mencantumkan nama, alamat, nomor telepon, hingga email.

Posisikan informasi pribadi di bagian atas CV atau CV header. Sebab informasi ini yang bakal dilihat pertama kali oleh perekrut.

Perhatikan juga penggunaan ukuran font pada nama. Idealnya, ukuran font pada nama itu harus lebih besar dari teks yang lain.

Dalam penulisan informasi pribadi ini, kamu harus menempatkan nama di posisi teratas. Kemudian di bawahnya tuliskan alamat. Di bawahnya lagi nomor telepon. Lalu di bawahnya lagi email.

2. Tuliskan CV Objective atau CV Summary dan tempatkan di bawah informasi pribadi

Umumnya CV objective atau CV summary ini berisi tentang perjalanan karier. Namun, karena kamu masih pemula dalam pembuatan CV, ringkasan perjalanan karier bisa diganti dengan ringkasan perjalanan pendidikan kamu.

Misalnya aja kamu bercerita mengenai jurusan yang kamu ambil selama menjalani pendidikan. Lalu berapa lama pendidikan tersebut ditempuh. Kemudian apa aja yang kamu peroleh selama menjalani pendidikan tersebut. Tuliskan semuanya itu dalam satu paragraf sebanyak tiga baris.

3. Punya pengalaman kerja? Cantumkan walaupun itu sebatas magang asalkan masih terkait dengan pendidikan yang dijalani

Bukan rahasia lagi kalau perekrut itu melihat pengalaman kerja sebagai pertimbangan mereka dalam memberi undangan interview. Makanya dalam membuat CV, pastikan pengalaman kerja itu ditulis benar-benar.

Buat yang masih fresh graduate, kamu bisa mencantumkan pengalaman magang atau pekerjaan lain asalkan masih ada hubungannya dengan pendidikan yang ditempuh.

Dalam menyajikan informasi pengalaman kerja, pekerjaan terakhir dianjurkan buat ditempatkan di urutan pertama. Informasi utama yang harus ditulis adalah tanggung jawab selama menjalani pekerjaan tersebut. Jangan sampai ada yang terlewat dalam memuat informasi tersebut.

4. Tuliskan pendidikan yang udah dijalani, terutama perguruan tinggi kalau ada dan tempatkan posisinya di bawah pengalaman kerja

Dalam menceritakan pendidikan yang dijalani, sebaiknya tuliskan aja yang penting-penting. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam penulisan latar belakang pendidikan, yaitu:

  • Nama universitas atau sekolah.
  • Lamanya menempuh pendidikan.
  • Jurusan yang diambil.
  • Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) atau nilai Ujian Nasional (UN).

Menuliskan itu aja dalam latar belakang pendidikan udah lebih dari cukup. Dengan begitu, kamu gak perlu tulis CV lebih dari satu lembar demi memuat informasi seputar pendidikanmu.

5. Di bawah posisi pendidikan, masukkan kemampuan atau skill yang dikuasai

Sekalipun kamu menguasai banyak kemampuan atau skill, bukan berarti semuanya mesti dimasukkan. Ada baiknya masukkan kemampuan atau skill yang relevan dengan pekerjaan yang pengin kamu dapatkan.

Lalu, gimana cara membuat CV yang mencantumkan skill sesuai pekerjaan yang dilamar?

  • Ketahui pekerjaan apa yang pengin didapatkan dan skill-skill apa yang dibutuhkan pekerjaan tersebut. Misalnya aja pekerjaan yang kamu lamar adalah Desain Grafis. Masukkan kemampuan bahwa kamu bisa mengoperasikan software Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dsb.
  • Hindari memasukkan skill-skill yang semua orang bisa melakukannya. Misalnya aja menggunakan Ms. Word.

6. Kalau dirasa perlu, bisa juga memasukkan informasi tambahan seperti minat, prestasi, hingga pengalaman berorganisasi

Informasi yang ini sebenarnya cuma informasi tambahan aja. Perlu gak perlu sih mencantumkan informasi ini.

Walaupun begitu, ternyata nih ada juga perekrut yang memerhatikan poin-poin tersebut. Mereka bakal bikin kamu dapat nilai plus di mata perekrut.

Source :

https://lifepal.co.id/media/cara-membuat-cv-yang-benar/

Article lainnya


Sukses Karir Melalui Prinsip SMART

Tips agar kamu dapat meraih tujuan

READ MORE  launch

Well Balanced Life 4R by Telkom

Olah Ruh, Olah Rasa, Olah Rasio & Olah Raga

READ MORE  launch

Cara Membuat CV yang Kekinian dan Terlihat Profesional

Cara mudah membuat CV yang profesional

READ MORE  launch