Posted at: 25-11-2021 11:20
Karir merupakan suatu proses perkembangan dan kemajuan
yang dialami oleh individu didalam pekerjaannya. Pengembangan karir dalam hal
ini dapat berupa, kenaikan jabatan, kenaikan pendapatan, kemajuan terhadap
tugas baru dan penambahan terhadap skill-skill baru yang dapat menunjang
aktivitas nya dalam bekerja. Karir individu dapat disusun oleh
perusahaan/instansi tempatnya bekerja melalui jenjang karir. Tapi apakah hanya
cukup menjalani jenjang karir yang telah disusun? Tidak, sebaiknya individu
selain mengikuti jenjang karir yang telah disusun perlu juga menyusun rencana
karirnya sendiri, sehingga dapat menentukan arah dan waktu yang dituju terhadap
karir yang ingin dicapainya. Rencana karir ini dapat dilakukan dengan cara
menyusun melalui prinsip SMART, yaitu sebuah konsep yang disusun oleh George T.
Doran pada tahun 1981. Apa saja prinsip SMART tersebut?
Specific,
tujuan yang ditentukan harus jelas dan spesifik, semakin detail dan jelas
semakin baik, Contohnya seorang karyawan yang ingin menjadi supervisor HRD di
perusahaan tempatnya bekerja saat ini. Yang kedua yaitu Measurable
sesuatu yang hendaknya di capai haruslah sesuatu yang bisa diukur, seberapa
kuat dan seberapa sering individu tersebut dapat meyakini nya. Contoh individu
tadi merupakan seorang karyawan yang bekerja menjadi seorang staf HRD saat ini
dan memiliki pengetahuan dan kemampuan di bidang pengembangan SDM. Achievable,
tujuan tersebut haruslah benar-benar bisa dicapai, dengan begitu karyawan
tersebut akan semakin berkomitmen untuk mencapainya. Dalam usaha untuk
mencapainya karyawan tersebut harus benar-benar berkomitmen dalam pekerjaan nya
untuk dapat mencapainya. Realistic, memiliki tujuan yang masuk
akal, serta sejalan dengan kata hati untuk dapat mencapainya. Karyawan tadi
dalam mencapai tujuan nya dapat selalu aktif untuk meningkatkan kompetensi nya
baik itu dengan belajar mandiri, mencari mentor, maupun ikut program pelatihan.
Time Bound, tujuan yang ingin dicapai haruslah memiliki jangka
waktu. Karyawan tadi menentukan waktu untuk mencapai supervisor HRD di
perusahaan nya dalam waktu 1 tahun.
Kelima
tahapan ini melalui prinsip SMART dapat diterapkan oleh karyawan untuk
membantunya di dalam menyusun rencana sukses karir nya, sehingga bisa mencapai
karir yang ingin dituju.
Oleh : I Gde Dhika Widarnandana, M.Psi., Psikolog
Cara mudah membuat CV yang profesional
READ MORE launch