Sukses Karir Melalui Prinsip SMART

Posted at: 20-02-2020 03:13


Karir merupakan suatu proses perkembangan dan kemajuan yang dialami oleh individu didalam pekerjaannya. Pengembangan karir dalam hal ini dapat berupa, kenaikan jabatan, kenaikan pendapatan, kemajuan terhadap tugas baru dan penambahan terhadap skill-skill baru yang dapat menunjang aktivitas nya dalam bekerja. Karir individu dapat disusun oleh perusahaan/instansi tempatnya bekerja melalui jenjang karir. Tapi apakah hanya cukup menjalani jenjang karir yang telah disusun? Tidak, sebaiknya individu selain mengikuti jenjang karir yang telah disusun perlu juga menyusun rencana karirnya sendiri, sehingga dapat menentukan arah dan waktu yang dituju terhadap karir yang ingin dicapainya. Rencana karir ini dapat dilakukan dengan cara menyusun melalui prinsip SMART, yaitu sebuah konsep yang disusun oleh George T. Doran pada tahun 1981. Apa saja prinsip SMART tersebut?

          Specific, tujuan yang ditentukan harus jelas dan spesifik, semakin detail dan jelas semakin baik, Contohnya seorang karyawan yang ingin menjadi supervisor HRD di perusahaan tempatnya bekerja saat ini. Yang kedua yaitu Measurable sesuatu yang hendaknya di capai haruslah sesuatu yang bisa diukur, seberapa kuat dan seberapa sering individu tersebut dapat meyakini nya. Contoh individu tadi merupakan seorang karyawan yang bekerja menjadi seorang staf HRD saat ini dan memiliki pengetahuan dan kemampuan di bidang pengembangan SDM. Achievable, tujuan tersebut haruslah benar-benar bisa dicapai, dengan begitu karyawan tersebut akan semakin berkomitmen untuk mencapainya. Dalam usaha untuk mencapainya karyawan tersebut harus benar-benar berkomitmen dalam pekerjaan nya untuk dapat mencapainya. Realistic, memiliki tujuan yang masuk akal, serta sejalan dengan kata hati untuk dapat mencapainya. Karyawan tadi dalam mencapai tujuan nya dapat selalu aktif untuk meningkatkan kompetensi nya baik itu dengan belajar mandiri, mencari mentor, maupun ikut program pelatihan. Time Bound, tujuan yang ingin dicapai haruslah memiliki jangka waktu. Karyawan tadi menentukan waktu untuk mencapai supervisor HRD di perusahaan nya dalam waktu 1 tahun.

          Kelima tahapan ini melalui prinsip SMART dapat diterapkan oleh karyawan untuk membantunya di dalam menyusun rencana sukses karir nya, sehingga bisa mencapai karir yang ingin dituju.


Oleh : I Gde Dhika Widarnandana, M.Psi., Psikolog

Article lainnya


Sukses Karir Melalui Prinsip SMART

Tips agar kamu dapat meraih tujuan

READ MORE  launch

Well Balanced Life 4R by Telkom

Olah Ruh, Olah Rasa, Olah Rasio & Olah Raga

READ MORE  launch

Cara Membuat CV yang Kekinian dan Terlihat Profesional

Cara mudah membuat CV yang profesional

READ MORE  launch